Rabu, 29 Desember 2010

Cara mengganti background foto
Berikut ini cara untuk mengganti foto background dengan Photoshop.
Sebenarnya cara ini mudah sekali, sebenarnya sudah sering saya tuliskan caranya di blog ini. Namun karena masih ada beberapa pertanyaan yang sempat saya tampung, yang intinya masih bingung tentang cara mengganti background, dan memang saya juga belum pernah menulis secara langsung judulnya Mengganti background. Maka pada tutorial Photoshop ini saya tuliskan petunjuknya.
Yang menjadi inti saat kita mau mengganti background adalah kita harus memisahkan lebih dulu antara model foto dengan latar belakang foto sebelumnya. Sedangkan cara untuk memisahkannya adalah dengan membuat seleksi. Tentang pembuatan seleksi, bisa dipelajari dari Kategori seleksi. Yang paling mudah namun tidak saya rekomendasikan adalah menggunakan Lasso.

Langkah mengganti background foto dengan Photoshop
Langkah 1
Bukalah foto yang akan diedit dengan Photoshop

Langkah 2
Buat seleksi pada model fotonya.

Langkah 3
Pilih menu Edit > Copy. Kemudian pilih menu Edit > Paste. Hasilnya akan terjadi layer tambahan, bisa Anda lihat di palet layer (palet ini letaknya di kanan bawah)

Langkah 4
Buka file lain yang akan digunakan sebagai background foto. Setelah file ini dibuka, kemudian pilih Move tool. Dengan tool ini, geserlah gambar dari file yang akan digunakan sebagai latar belakang ke arah file yang sudah dicopy dan paste tadi.

Langkah 5
Ubahlah urutan layernya. Buatlah agar urutan layernya seperti gambar dibawah ini.
Untuk memindah urutannya, bisa dilakukan dengan menggeser nama layernya naik atau turun, diarahkan ke perbatasan tiap nama layer.

Gambar sudah terganti backgroundnya.

Caranya mudah, namun membuat seleksi yang detil memang agak rumit, dan diperlukan jam terbang menggunakan Photoshop. Jadi harus sabar dan rajin berlatih.



Efek Foto Gabungan RGB
    pada tutorial Photoshop kali ini saya akan melanjutkan dua tutorial sebelumnya. Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah efek foto yang dibuat berdasarkan perpaduan antar komponen warna RGB.
Langkah Membuat Efek Foto Berdasarkan Gabungan Warna RGB
Langkah 1
Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Pada tutorial ini saya menggunakan foto example.

Langkah 2
Kemudian pisahkanlah foto tersebut menjadi tiga layer yang merupakan komponen warna RBG, dan masing-masing layer tersebut sudah digabungkan kembali menjadi sebuah foto yang berwarna.

Untuk mempermudah proses pembuatan langkah kedua ini, Anda bisa menggunakan action buatan saya. Action-nya bisa didownload di googlepages.
Catatan: Jika ingin mengetahui proses pemisahan komponen warnanya, silahkan dibaca pada tutorial Memisahkan komponen warna RGB. Sedangkan cara menggabungnya bisa dibaca di tutorial Menyatukan RGB menjadi foto warna. Jika belum tahu cara penggunaan Action, dulu pernah juga saya postingkan, bisa dibaca pada tutorial pembuatan Action.
Langkah 3
Pilih layer yang paling atas, klik pada Layer Mask-nya.

Catatan: Jika Anda baru pertama kali menggunakan layer mask, silahkan baca-baca dulu tutorial sebelumnya yang menggunakan layer mask. Misalnya:
·    Membuat seleksi dengan channel dan layer mask
·    Membuat seleksi dengan channel
·    Cara Menggabung Gambar
Langkah 4
Ganti warna Foreground dan Background menjadi hitam dan putih (boleh terbalik). Pada tutorial Photoshop ini saya menggunakan warna abu-abu dan putih. Caranya yang paling mudah adalah dengan menekan D (untuk mereset warnanya) kemudian klik warna hitam dan pilih warna abu-abu untuk mengganti warna hitam tadi dengan warna abu-abu.

Langkah 5
Pilih menu Filter > Render > Clouds. Hasilnya akan menjadi seperti gambar tutorial dibawah ini.

Hal ini karena salah satu komponen warnanya menjadi berkurang intensitasnya.
Langkah 6
Ulangi langkah 3 dan 5, namun kali ini diterapkan pada layer kedua.

Langkah 7
Ulangi langkah 3 dan 5, namun kali ini diterapkan pada layer ketiga.

Langkah 8
Pilih layer mask. Kemudian pilih Brush tool, kemudian dengan mata sapuan yang tepiannya halus, sapukan warna putih pada bagian wajah. Sapuan brush ini hendaknya dilakukan dengan opacity kecil (misalnya 50%). Silahkan diperhatikan pada lingkaran-lingkaran merah pada gambar tutorial Photoshop dibawah ini.

Harap diingat: Sapukanlah brush tersebut hanya pada layer mask. Jangan pada layer gambarnya langsung.
Langkah 9
Lakukanlah langkah 8 tadi pada dua layer yang lain, seperti gambar dibawah ini.

Dengan cara yang serupa, kita bisa juga membuat sebuah kombinasi warna seperti gambar berikut ini:

Silahkan dicoba membuat seperti pada gambar tersebut diatas. Jika penasaran dan ingin tahu cara pembuatannya, silahkan klik gambar ini (hanya jika benar-benar tidak tahu caranya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar